CUT KINANTI PUTRI SHAFIRA – Atlet Ice Skating Indonesia usia 7 tahun dari SD Islam Al Azhar 17 Bintaro

Olahraga Ice Skating sebagai salah satu cabang olahraga yang baru dan sedang trend di Indonesia. Sejak keberadaan pertama arena dan lapangan Ice Skating di Mall Taman Anggrek Jakarta Barat, menyusul kemudian di Tangerang Selatan yang berlokasi di Bintaro Jaya Xchange Mall. Bx-Rinx selaku pengelola arena ice skating merupakan arena terluas untuk latihan dan bermain Ice Skating di Indonesia dengan luas 1.320 m2. Antusias para murid untuk beraksi di atas media es, bermain, meluncur dan menari dan sekaligus berprestasi semakin banyak. Tidak terkecuali murid-murid SD Islam Al Azhar 17 yang kebetulan lokasi sekolahnya berada di wilayah Bintaro.

Untuk kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 17 Bintaro sudah bekerjasama dengan Bx-Rinx sejak pertama dibuka pada tahun 2014 yang lalu. Alhamdulillah anak-anak yang turut dalam ekskul ini sudah bisa untuk berani untuk tampil dan juga bermain di atas es. Selain murid-murid yang tergabung dalam ekskul Ice Skating, ada juga yang secara perseorangan ikut dengan Club Ice Skating Bx-Rinx. Diantaranya adalah Cut Kinanti Putri Shafira, murid kelas 2 Makkah, yang sudah 2 (dua) kali tampil dalam ajang Skate Asia dan pada penyelenggaraan Skate Asia 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia kembali berhasil berprestasi dan memperoleh medali.

SKATE ASIA adalah event rutin tahunan dari beberapa arena Ice Skating yang berada di wilayah Asia Tenggara. Penyelenggarakan SKATE ASIA kali ini adalah yang ke – 5, yang berlangsung pada tanggal 7 – 14 Agustus 2016 di sunway PyramidIce LG 3, Sunway Pyramid Mall No.3, Jalan PJS 11/15, Bandar Sunway Selangor Darul Ehsan, Malaysia – 46150 dan diikuti oleh 11 Negara Asia seperti ; Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Hongkong, Macao, Philipina, Taiwan, China, Kamboja dan Indonesia. Ada sekitar 27 cabang lomba dalam event Individual dan Partner Event dan 17 cabang lomba pada event Grup dan Team Event. Adapun yang diikuti oleh Cut Kinanti Putri Shafira adalah Artistic 1-10 years old, Freestyle 1-10 years old, Solo Compulsories-Free Style, Couple Spotlight – Intermediate dan Rhytmic Ribbon Free Style. Alhamdulillah ananda Cut Kinanti Putri Shafira berhasil membawa pulang 3 (tiga) Medali Emas dan 1 (satu) Medali Perunggu.

Kemudian pada event terbaru yaitu Competition Skate Jakarta yang berlangsung pada tanggal 16 – 18 September 2016 yang lalu di Sky Rink Ice Skating Mall Taman Anggrek ananda Cut Kinanti Putri Shafira berhasil memperoleh Medali Emas pada cabang Rithmic Ribbon FS1.

Sekilas profil ananda Cut Kinanti Putri Shafira, dilahirkan di Jakarta pada tanggal 18 Juni 2009, putri dari Bapak Andi Pravidia Saliman dan Ibu Cut Deasy Muharni. Ananda Kinan, begitu Cut Kinanti Putri Shafira biasa disapa sudah bersekolah di Al Azhar Bintaro semenjak dari jenjang Kelompok Bermain hingga kini sudah duduk di kelas 2 di SDIA 17 Bintaro, dan memiliki kakak yang sudah duduk di bangku kelas 2 SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro. Dalam kesaharian ananda Kinan, adalah seperti halnya anak-anak murid lainnya, yang suka bermain dengan kawan-kawannya. Memiliki sifat rendah hati dan ramah serta selalu tersenyum kepada siapapun. Didikan dari orang tua di rumah membuat ananda Kinan tidak sombong, walaupun sudah beberapakali tampil dalam ajang internasional. Support besar dari orang tua untuk membagi waktu dalam kegiatan belajar dan mengikuti kegiatan olahraga ice skating, adalah faktor utama, karena walaupun sering turun diberbagai ajang dan lomba tetapi nilai pelajaran sekolah dari ananda Kinan tetap baik dan bagus.

Ananda Kinan telah berhasil membawa harum Indonesia sebagai Negara, nama Sekolah Dasar Islam Al Azhar 17 Bintaro pada level internasional, walaupun event ini bersifat rekreasional dan bukan kompetitif menurut Ibu Putu Shinta Adriana Putri dari Humas/Management Bx-Rinx, tapi ini adalah lomba tingkat Internasional karena diikuti oleh beberapa negara di Asia, seperti ; Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Hongkong, Macao, Philipina, Taiwan, China, Kamboja dan Indonesia.

Semoga ananda Cut Kinanti Putri Shafira bisa kembali menorehkan prestasi pada lomba ice skating dimasa mendatang baik di level Nasional maupun Internasional, karena usianya baru 7 tahun, dan membawa harum nama Indonesia dan SD Islam Al Azhar 17 Bintaro, Aamiin YRA. [m.radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>