SD ISLAM AL AZHAR 17 BINTARO KEMBALI MERAIH JUARA 1 MARAWIS

PADA FESTIVAL SENI DAN BUDAYA (FESBUD) TINGKAT SEKOLAH DASAR AL AZHAR

SE – INDONESIA KE – IX

DI SD ISLAM AL AZHAR 12 CIKARANG, SABTU 31 MARET 2018

Alhamdulillah, puji syukur kahadirat Allah, pada hari Sabtu, tanggal 31 Maret 2018 kemarin, SD Islam Al Azhar kembali berhasil menorehkan prestasi pada lomba non akademik, yaitu Festival Seni dan Budaya (FESBUD) ke – IX tingkat Sekolah Dasar Al Azhar se – Indonesia.

Festival rutin antar sekolah dasar Al Azhar yang dilaksanakan setiap tahun, kali ini bertempat di Kampus Cikarang, tepatnya di SD Islam Al Azhar 12 Cikarang. Di ikuti sebanyak 30 sekolah dasar Al Azhar se – Indonesia, peserta sekolah yang paling jauh adalah dari SD Islam Al Azhar 47 Samarinda.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Drs. H. Budiyono, M.Pd., Pengurus YPI Al Azhar bidang Pendidikan, yang dalam sambutannya menyebutkan bahwa selain perlombaan dalam cabang akademik, juga ada cabang non akademik, yaitu lomba seni dan budaya yang bernuansa Islami, dalam hal ini adalah Festival Seni dan Budaya, dengan memukul gong dan melepaskan balon maka resmilah acara Fesbud ke – IX ini dibuka. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari perwakilan dari Direktorat Dikdasmen, Inspektorat dan Pengawasan dan juga secretariat, kemudian dari para kepala sekolah SD Islam Al Azhar yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) termasuk dalam barisan tersebut adalah Ibu Nani Ariyani, M.Pd., Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro.

Untuk pelaksanaan Fesbud kali ini, cabang lomba yang dipertandingkan hanya sebanyak 4 (empat) jenis yaitu, Marawis, Paduan Suara, Tari dan Menggambar. Ada 2 (dua) jenis lomba yang tidak ditampilkan yaitu mewarnai dan Ansamble musik, yang rupanya hasil dari Raker K3S bersama Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar bahwa antara lomba kolosal yaitu Marawis dan Ansamble akan digilir pelaksanaannya.

Persiapan kegiatan dari kontingen SD Islam Al Azhar 17 Bintaro sudah dimulai sejak awal bulan Juli 2017, baik itu dari cabang Marawis, Paduan Suara, Tari dan Menggambar. Khusus untuk cabang marawis pelatihannya dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali seminggu. Kemudian support dan dukungan dari sekolah adalah dengan pengadaan alat marawis yang baru, sehingga menambah semangat para murid peserta marawis untuk berlatih. Di bawah pelatih Bapak Arifin dan pendamping Ibu Siti Fatimah, para peserta marawis terus berlatih untuk tampil maksimal.

Komposisi dari peserta marawis kali ini lebih dominan dari anak kelas 2, 3 dan 4, berbeda pada tahun tahun yang sebelumnya yang banyak diisi oleh murid kelas 4 dan kelas 5. Jadi jika dilihat di atas panggung maka akan nampak anak-anak yang masih imut-imut dan lucu, tapi tampil dengan percaya diri dan kesungguhan hati untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah dan almamaternya.

Untuk cabang lomba Marawis diikuti sebanyak 16 sekolah dasar Al Azhar, untuk cabang lomba Tari diikuti sebanyak 29 sekolah, untuk cabang lomba paduan suara diikuti sebanyak 27 sekolah, untuk menggambar dikuti oleh 26 sekolah. Pelaksanaan perlombaan dimulai dari setelah selesai ceremony pembukaan.

Masing-masing tim yang mewakili SD Islam Al Azhar 17 Bintaro menuju ke ruangan dan panggung lomba. Pelaksanan lomba Tari berada pada panggung utama yang bisa disaksikan oleh para tamu, orang tua murid dan semua yang hadir di halaman utama sekolah. Untuk Marawis, Padus dan Menggambar berada dalam ruang tertutup yang terletak di lantai 3 dan lantai 4. Masing-masing tim berusaha memberikan hasil yang terbaik untuk sekolah. Di bawah panduan dari Ibu Hj. Enung Nuraeni, M.Pd. Wakil Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro, para murid murid sebelum pelaksanaan lomba terlebih dahulu melaksanakan sholat Dhuha dan berdoa agar diberikan yang terbaik dan diridhoi oleh Allah SWT.

Lomba-lomba akhirnya selesai menjelang pukul 13.30 WIB, kemudian panitia merekap nilai dari para juri lomba. Menyelesaikan hitung-hitungan dan hasi penilaian tersebut bersama-sama dengan K3S SDI Al Azhar. Di panggung utama diisi oleh penampilan para guru musik SD Al Azhar dari berbagai kampus, sambil menunggu pengumuman. Cuaca Cikarang yang siang itu sungguh sangat garang, panas yang lumayan membuat berkeringat. Dengan adanya penampilan dan hiburan dapat sedikit membuat suasana menjadi adem walo tak semilir, karena angin juga agak pelit untuk berhembus walaupun hanya untuk sedikit. Sampai menjelang masuknya waktu sholat Ashar untuk wilayah Cikarang dan sekitarnya panitia juga belum bisa merekap nilai hasil lomba Fesbud, akhirnya Adzan berkumandang para official team akhirnya satu persatu berjalan menuju ke Masjid Raya Al Azhar Cikarang dan juga tempat-tempat sholat yang disiapkan oleh panitia di masing-masing lantai ada disiapkan tempat untuk sholat, agar memudah kontingen dan para official untuk melaksanakan ibadah sholat.

Alhamdulillah pada pukul 16.15 WIB akhirnya mulailah pengumuman hasil perlombaan dibacakan, rasa dag-dig-dug tak menentukan dirasakan oleh koordinator Fesbud Kontingen Al Azhar 17 Bintaro, Ibu Unirowati, S.Pd. dan para official team yang lainnya, harap-harap cemas jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Yang pertama disebutkan oleh panitia adalah hasil lomba marawis, Alhamdulillah SD Islam Al Azhar 17 Bintaro berhasil tampil sebagai Juara ke-1 untuk marawis. Kemudian selanjutnya adalah dari lomba Tari, yang Alhamdulillah setelah 8 kali turut serta, akhirnya pada Fesbud ke IX ini Al Azhar Bintaro berhasil masuk ke dalam 6 besar, mencapai posisi Juara Harapan 2. Selanjutnya dibacakan pengumuman hasil lomba untuk Paduan Suara, Alhamdulillah akhirnya Al Azhar Bintaro bisa masuk ke dalam 3 besar, dan memperoleh Juara Ke 3. Yang paling terakhir diumumkan adalah cabang menggambar, tetapi rupanya belum berhasil mempersembahkan yang terbaik, tetapi kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda kata orang bijak, apa yang diperoleh dari lomba Fesbud di Cikarang akan menjadi modal pengalaman untuk menghadapi kegiatan Fesbud pada tahun 2019 nanti.

Terimakasih kepada seluruh Official Team Kontingen Fesbud SD Islam Al Azhar 17 Bintaro, kepada seluruh orang tua murid peserta Fesbud yang telah turut mensupport agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan berhasil memperoleh prestasi tampil sebagai Juara Umum ke-3 tingkat Sekolah Dasar Al Azhar se- Indonesia.

Berikut adalah hasil dari Festival Seni dan Budaya ke IX tingkat SD Islam Al Azhar se-Indonesia di SDIA 12 Cikarang.

Juara lomba marawis :

  1. SDIA 17. Bintaro
  2. SDIA 13 Rawamangun
  3. SDIA 20 Cibubur
  4. SDIA 19 Sentra Primer
  5. SDIA 9 Kemang Prtm
  6. SDIA 10 Serang

Juara lomba Paduan suara :

  1. SDIA 2 Pasar Minggu
  2. SDIA 1 Kebayoran Baru
  3. SDIA 17 Bintaro
  4. SDIA 20 Cibubur
  5. SDIA 27 Cibinong
  6. SDIA 12 Cikarang

Juara lomba Tari

  1. SDIA 1 Kebayoran Baru
  2. SDIA 11 Surabaya
  3. SDIA 12 Cikarang
  4. SDIA 2 Pasar Minggu
  5. SDIA 17 Bintaro
  6. SDIA 44 Summarecon

Juara lomba menggambar

  1. SDIA 9 Kemang pertama
  2. SDIA 9 Kemang pertama
  3. SDIA 31 Yogyakarta
  4. SDIA 18 Cianjur
  5. SDIA 12 Cikarang
  6. SDIA 10 Serang

Juara umum

  1. SDIA 9 Kemang pertama
  2. SDIA 1 Kebayoran Baru
  3. SDIA 17 Bintaro

Galeri foto FESBUD klik disini

(M.Radhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *