Jalan Bonjol No.9, Tangerang Selatan,
021 7388 3564
sdialbin17@yahoo.com

Field Trip Kelas IV: Kunjungan ke Istana Negara dan Museum Nasional (Gajah)

Where Millenials Reach Out The Future

Field Trip Kelas IV: Kunjungan ke Istana Negara dan Museum Nasional (Gajah)

istana_ok_13BINTARO-AlbinNews. Sabtu, 23 Nopember 2013 yang lalu murid-murid kelas IV SDIA 17 Bintaro mengadakan kunjungan ke Istana Negara dan Museum Gajah. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB.

Sebelum anak-anak siap untuk berangkat menuju ke Istana Negara dan Museum Gajah, anak-anak dikumpulkan dahulu untuk mendapatkan wejangan dan nasehat dari koordinator FieldTrip dan Wakil Kepala Sekolah dalam menjalani fieltrip yang akan mereka laksanakan.

Diawali dengan membaca ikrar, lalu informasi dari coordinator fieltrip, lalu dilanjutkan dengan pengarahan dari Wakil Kepala Sekolah, Ibu Ina Yurina, S.Ag. Beliau juga sekaligus yang akan mendanpingi  anak-anak  tersebut ke Istana Negara dan Museum Gajah. Lalu pembukaan diakhiri dengan  pembacaan  do’a agar memperoleh keselamatan di perjalanan.

Tepat pukul 07.30 WIB bis mulai berangkat menuju lokasi dan sampai di Istana Negara sudah disambut oleh orangtua murid yang lain yang ingin ikut serta mendampingi kegiatan fieldtrip tersebut. Mereka menunggu panggilan dari petugas Istana Negara, anak-anak berfoto bersama terlebih dahulu di area parkir bersama bapak dan ibu guru.

Saat tiba waktunya panggilan , mereka menuju ke lobi istana , lalu mereka melakukan body cek terlebih dahulu dan melewati pintu detektor untuk persiapan menuju Istana Negara. Saat itu mereka bersama-sama menuju Ruang Auditorium untuk menyaksikan pertunjukan film sejarah berdirinya Istana Negara.

SEJARAH  SINGKAT ISTANA MERDEKA

Istana Merdeka mulai dibangun pada tahun 1873 pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Louden dan selesai pada tahun 1879 pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Johan Willem van Landsbarge. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 2.400 meter persegi, oleh arsitek Drossares. Istana Negara juga dikenal dengan nama Istana Gambir.

Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia, istana ini menjadi saksi sejarah dilakukannya penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 27 Desember 1949. Republik Indonesia Serikat diwakili oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, sedangkan Kerajaan Belanda diwakili oleh A.H.J Lovink, Wakil Tinggi Mahkota di Indonesia.

Setelah penandatanganan naskah kedaulatan Republik Indonesia Serikat, bendera merah putih dikibarkan menggantikan bendera Belanda, bersamaan dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya dan pekik merdeka oleh bangsa Indonesia. Sejak saat itu nama Istana Gambir diganti menjadi Istana Merdeka.

(Sumber: Istana Kepresidenan RI, Sekretariat Presiden RI, 2004)

Setelah mereka menonton sejarah berdirinya istana Negara, mereka siap untuk menuju ke Istana Negara yang sesungguhnya dengan menaiki bis kecil untuk menuju kearah sana. Sampai di pintu gerbang sudah disambut oleh Guide Wanita berdasarkan kelompok 2 kelas (kelas IV Makkah dan IV Madinah )

Setelah semua berkumpul, menuju pintu gerbang, mereka dicek body kembali untuk meninggalkan segala barang bawaan semuanya. Meraka masuk dan disampaikan informasi yang didapat dari  film dan direalisasikan dengan observasi yang mereka lihat saat itu.

Saat sudah berada tepat di tangga masuk istana Negara, sebelumnya semua anak-anak berkumpul untuk berfoto bersama, begitu juga guru-guru pendamping dan orangtua masing-masing.

Setelah berfoto bersama, saatnya mereka masuk ke ruang istana Negara. Di dalamnya ada ruang untuk menerima tamu negara awal, tamu istri-istri kepala Negara, tempat pelantikan, tempat informasi kenegaraan, tempat  menyampaikan pidato kepresidenan,dll. Adapun untuk ruang kerja dari bapak presiden , leyakny tidak jauh dari istana  Negara , di belakang nya hanya 50 m saja.

Presiden menggunakan istana Negara itu hanya di hari-hari jam kerja yaitu Senin–Jum’at saja.Tempat yang digunakan banyak sekali. Di sepanjang jalan  terpampang foto-foto kegiatan Presiden SBY bersama tamu – tamu kenegaraan, para menteri, dan keluarga. Mengelilingi semua tempat-tempat peristirahatan, ruang kerja, ruang meeting dan ruang untuk coffe break/pesta kebun di halaman belakang.

Setelah lelah berkeliling tempat tersebut, anaka-ank lalu diberikan segelas Aqua dan beristirahat sejenak sambil menunggu bis yang akan mengantarkan mereka untuk kembali ke bis. Sampai di bis, mereka langsung dibagikan konsumsi makan siang  dan langsung menyantap makanan tersebut di atas bis sambil menikmati perjalanan menuju ke museum selanjutnya yaitu MUSEUM NASIONAL (MUSEUM GAJAH ).

Alhamdulillah tepat pukul 12.00 WIB sampailah di  museum, lalu kami disambut oleh guide yang siap menjelaskan tentang  sejarah dan  benda-benda peninggalan  zaman dahulu kala beserta pakaian adat dan alat-alat music yang digunakan.

Setelah mereka berkeliling memperoleh penjelasan , setiap 2 kelas  bergantian untuk melakukan sholat zuhur berjamaah di musholla Museum lantai basement yang dipimpin oleh bapak guru (Pak Abdul, Pak Gun-gun, Pak Komar dan Pak Dasta)

Alhamdulillah  tepat pukul 13.00, anak-anak telah selesai melakukan kegiatan FieldTrip 2 tempat. Mereka ada sebagian yang sudah dijemput di lokasi karena pertimbangan akan menuju rumah saudara dan mampir ke suatu tempat. Dan selebihnya langsung  menuju ke sekolah untuk dijemput di sekolah.

Tepat pukul 15.00 WIB, sampailah anak-anak di sekolah. Mereka dibagikan foto dan souvenir dari Istana Negara  pada hari Senin. Sampai di sekolah, bagi anak yang belum dijemput, dipersilahkan untuk menunggu di sekolah atau di aula. Sebagian ada yang melakukan sholat ashar berjamaah bersama bapak guru ataupun sendiri.

Semoga Fieldtrip kali ini dapat memberikan wawasan keilmuan yang luas dan memperdalam materi PKn dan IPS terkait dengan system pemerintahan  di Negara Indonesia. [Yani]

GALERY FOTO KLIK DISINI

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Form Powered By : XYZScripts.com