Bogor, 22 Maret 2018. Alhamdulillah pada hari Kamis tanggal 22 Maret 2018, murid-murid kelas IV SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro, melaksanakan kegiatan Filed Trip yang ke-1 untuk tahun ajaran 2017-2018. Pada Field Trip kali ini lokasi yang dipilih adalah Istana Presiden Cipanas dan Kebun Raya Cibodas, untuk menambah wawasan bagi murid kelas IV dalam mempelajari pelajaran IPS dan IPA.

Selanjutnya pada hari pelaksanaan Kegiatan Field Trip kelas IV yaitu, pada Hari Kamis, tanggal 22 Maret 2018. Murid-murid sudah hadir mulai pada pukul 05.00 WIB lengkap dengan segala peralatan yang perlu dibawa dan juga seragam batik Al Azhar untuk hari kamis.

Kemudian murid-murid dibariskan di lapangan basket depan untuk melaksanakan ikrar dan juga briefing dan pelepasan kegiatan. Anak murid dengan rapi berbaris sesuai dengan daftar bis field trip yang sudah disusun oleh para dewan guru kelas IV. Selanjutnya tepat pada pukul 05.30 WIB murid-murid sudah bergegas menuju ke bisnya masing-masing, yang mana sudah disiapkan sebanyak 3 (tiga) unit bis dari PT.Arfina Al-Azhar. Alhamdulillah untuk pemesanan bis, sudah sesuai dengan harapan dari sekolah serta orang tua murid dan tidak terjadi kekurangan sesuatu apapun selama kegiatan Field Trip ini berlangsung. Bis kemudian berangkat meninggalkan sekolah pada pukul 06.00 WIB.

Dalam perjalan menuju lokasi, Alhamdulillah lalu lintas ramai lancar. Perjalanan menuju lokasi pertama sekitar 4 (empat) jam. Sekitar pukul 10.15 bis sampai di tujuan pertama yaitu Istana Presiden Cipanas Bogor. Anak murid kembali dibariskan dan dipisahkan antara putra dan putri lalu mendengarkan arahan dan bimbingan dari Dinas Istana Presiden. Mereka dipisahkan menjadi 3 kelompok sesuai dengan nomor bis masing-masing dan menuju ke gedung utama Istana Kepresidenan Cipanas.

Murid-murid kelas IV dengan antusias mendengarkan tentang sejarah dimana Istana Presiden Cipanas ini bangun, lalu berjalan menuju tiap-tiap ruangan yang ada digedung istana, dari mulai ruangan untuk presiden menerima tamu, kemudian ruangan untuk rapat, lalu ruangan lukisan yang ada di istana, sayangnya kami tidak melihat satu persatu ruangan yang ada di gedung utama istana presiden. Lanjut ke kebun belakang yang ada di istana yang sangat luas dan langsung menuju ke gedung kolam air panas, disana murid-murid merasakan hangatnya air yang ada di kolam tersebut.

Lanjut menuju ke gedung bentoel yang ada di istana, gedung ini adalah tempat dimana Presiden Soekarno sering mencari inspirasi dan meditasi di ruangan ini, karena indahnya pemandangan dari luar gedung tampak padang rumput yang luas dan menghijau, lalu bisa terlihat kawah gunung gede bila tidak tertutup awan.

 

Setelah selesai dari Istana Presiden Cipanas, rombongan peserta fieldtrip kembali ke bis masing-masing untuk menuju ke Kebun Raya Cibodas sekaligus istirahat makan siang. Tidak lama kemudian Kebun Raya Cibodas diguyur hujan yang cukup deras, murid-muridpun memakai jas hujan yang sudah mereka siapkan lalu bergegas menuju mobil yang telah disiapkan pihak kebun raya untuk berkeliling dan menuju tempat yang telah ditentukan pihak guru kelas IV. Para murid juga diminta untuk mengisi soal yang diberikan pihak mentoring Kebun Raya Cibodas sekaligus menjelaskan tentang asal usul Kebun Raya Cibodas.

Setelah itu murid-murid pergi ke mushola untuk melaksanakan Shalat Zuhur berjamaah sekaligus dijamak dengan Shalat Ashar. Kemudian sekitar pukul 15.30 WIB kunjungan Fieldtrip murid kelas IV SDIA 17 Bintaro berakhir dan kembali menuju ke Kampus SDIA 17 Bintaro. Terimakasih kepada para Bapak/Ibu pendamping Fieldtrip, Ibu Wakil Kepala Sekolah, Ibu-ibu dari Jam’iyyah dan Pokja Kelas IV, dimana atas partisipasi dan kerjasamanya makanya kegiatan Fieldtrip dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk melihat galeri foto klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.