Jalan Bonjol No.9, Tangerang Selatan,
021 7388 3564

Fieldtrip Kelas V SDIA 17 Bintaro: Taman Mini Indonesia Indah

Where Millenials Reach Out The Future

Fieldtrip Kelas V SDIA 17 Bintaro: Taman Mini Indonesia Indah

ft_kls5_tmii_web_sdialazhar17_bintaroBINTARO-AlbinNews, 6/12/2013. Pada tiap semester untuk menghindari kejenuhan murid belajar di dalam ruang kelas dan juga untuk menyambut Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 supaya murid lebih semangat dalam menghadapinya, maka secara rutin sekolah mengadakan kegiatan belajar di luar ruang kelas, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Field Trip. Untuk kegiatan Field Trip kali ini tema, materi, lokasi dan tempatnya sudah ditetapkan oleh para dewan guru kelas V beserta dengan Pimpinan sekolah. Pada Field Trip kali ini lokasi yang dipilih adalah Taman Mini Indonesia Indah, untuk menambah wawasan bagi murid kelas V dalam mempelajari pelajaran IPS, IPA dan Al-Qur’an. Objek yang dikunjungi adalah Museum Purnabhakti Pertiwi, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK), Anjungan Nusa Tenggara Barat dan Terakhir Bait Al-Qur’an.

Selanjutnya pada hari pelaksanaan Kegiatan Field Trip kelas V yaitu, pada Hari Kamis, tanggal 28 November 2013. Murid-murid sudah hadir mulai pada pukul 06.30 WIB lengkap dengan segala peralatan yang perlu dibawa dan juga keseragaman dengan memakai Kaos Angkatan kelas V, yang mana kaos ini akan dipakai pada setiap event kegiatan yang berhubungan dengan kelas V, baik itu Field Trip, Pesantren Alam Cigombong, kegiatan Assembly dan juga beberapa kegiatan kelas V lainnya.

Kemudian murid-murid dibariskan di lapangan basket depan untuk melaksanakan ikrar dan juga briefing dan pelepasan kegiatan, yang disampaikan oleh Ibu Ina Yurina, S.Ag., selaku Wakil Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro. Anak murid dengan rapi berbaris sesuai dengan daftar bis field trip, anak murid putra dan putri masing-masing 2 (dua) barisan. Hal ini perlu disiapkan karena nantinya murid-murid akan dibagi permasing-masing bis, yang sudah disusun oleh para dewan guru kelas V, dimana dalam setiap bis terdapat perwakilan murid dari 4 (empat) rombongan belajar kelas V.

Selanjutnya tepat pada pukul 07.10 WIB murid-murid sudah bergegas menuju ke bisnya masing-masing, yang mana sudah disiapkan sebanyak 3 (tiga) unit bis Blue Star dari PT.Arfina Al-Azhar. Alhamdulillah untuk pemesanan bis, sudah sesuai dengan harapan dari sekolah serta orang tua murid dan tidak terjadi kekurangan sesuatu apapun selama kegiatan Field Trip ini berlangsung. Bis kemudian berangkat meninggalkan sekolah pada pukul 07. 35 WIB.

Dalam perjalan menuju lokasi, terkendala dengan kemacetan di pagi hari di dalam ruas Toll JORR, kemacetan membuat laju bis hanya bisa berjalan perlahan, mulai dari pintu Toll Pondok Ranji sampai dengan Pasar Minggu. Untuk melalui jalan tersebut ditempuh dengan waktu hampir 1.5 (satu setengah) jam. Pada pukul 09.15 WIB akhirnya tibalah rombongan bis pertama di Museum Purnabhakti Pertiwi, lokasi pertama yang menjadi jadwal kunjungan di TMII.

Di sana rombongan field trip disambut oleh tim kecil dari Perwakilan Musium Purnabhakti Pertiwi. Anak murid kembali dibariskan dan dipisahkan antara putra dan putri, untuk memudahkan mengekplorasi lokasi museum. Tim putra diajak berkeliling ke ruang khusus memorabilia mantan Presiden Soeharto, disana terdapat anugerah tanda bintang jasa presiden dari sejak awal mulai berkarir sebagai tentara sehingga menjabat sebagai presiden.

Sementara tim putri diajak berkeliling untuk melihat beberapa cenderamata yang dikumpulkan dan dihimpun oleh ibu Tien Soeharto baik selama menerima tamu kenegaraan dan melawat ke luar neger dalam kapasitasnya sebagai Ibu Negara. Cenderamata itu berbagai macam dari Negara-negara Asia, Eropa, Afrika dan Amerika. Selain itu juga terdapat beberapa barang yang dihadiahkan oleh  para seniman baik dari Indonesia dan Luar Negeri, diantaranya lukisan, pahatan akar pohon, foto mozaik, patung fiber glass dan beberapa barang antik dan bernilai seni lainnya.

Kunjungan Field Trip dilanjutkan ke PPIPTEK, dimana pada hari itu suasana sangat ramai karena rupanya pada saat bersamaan juga ada kunjungan dari beberapa sekolah dari luar daerah. Di tempat ini murid-murid dibebaskan untuk mencoba semua wahana yang ada, yang mana fokusnya adalah untuk pengembangan pelajaran IPA dalam aplikasinya secara percobaan dan juga pengamatan langsung. Dalam wahana ini murid-murid sangat senang dan riang gembira karena terpuaskan keingin tahuannya terhadap bermacam-macam alat percobaan IPA.

Selanjutnya selesainya mengunjungi PPIPTEK murid melanjutkan perjalanan ke Anjungan Daerah Nusa Tenggara Timur, tetapi saying sekali ketika rombongan sudah sampai di lokasi, ternyata para petugas masih sedang istirahat siang, sehingga kunjungan hanya sampai di depan tangga rumah adatnya saja.

Jadwal kunjungan terakhir adalah ke Bait Al-Qur’an, ketika sampai di lokasi langsung murid-murid dan pendamping melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan melihat foto-foto mushaf Al-Qurán yang ada di dalamnya. Pajangan dan artefak Al-Qurán dari masa#mce_temp_url# lalu. Berbagai macam bentuk kaligrafi serta hasil karya para seniman Islam dalam guratan ayat suci Al-Qur’an.

Setelah selesai melaksanakan foto bersama di lokasi ini, akhirnya rombongan kembali menuju kampus SDIA 17 Bintaro. [M. Radhi]

GALERY FOTO KLIK DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Form Powered By : XYZScripts.com