pesantren alam cigombong
Kegiatan Salam Cigombong kelas 6

Senin, tanggal 21 Oktober 2013, Halaman depan SD Islam Al Azhar 17 Bintaro dipenuhi oleh murid kelas VI  yang berpakaian Ihram. Hari ini mereka akan mengikuti manasik Haji yang merupakan bagian dari kegiatan pada Pesantren Alam (SALAM) tahun ini. Dari kedatangan murid-murid yang pagi hari sudah tiba di sekolah, terlihat antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan SALAM tersebut.

Semangat mereka dalam kegiatan ini tetap terlihat walaupun terjadi insiden beberapa mobil mogok dan AC yang bermasalah. Tidak ada yang mengeluh dan meminta pulang. Mental mereka telah terpatri dengan kokoh untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sesampainya di Diklat Cigombong, mereka diberikan waktu untuk beristirahat dan makan siang. Setelah itu melaksanakan Shalat Zuhur yang di Jamak dengan Shalat Ashar. Selepas Shalat rombongan siap-siap untuk melakukan manasik Haji.

Manasik Haji dimulai dengan latihan wukuf di padang Arafah, dilanjutkan dengan melempar Jumrah, tahalul, tawaf dan diakhiri Sa’i.

Cuaca saat itu sangat mendukung, sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Selesai manasik, murid-murid dipersilahkan untuk memasuki kamar untuk istirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk mengikuti acara selanjutnya.

Kegiatan selanjutnya yaitu Pembukaan yang disertai  dengan penyerahan peserta SALAM dari pihak sekolah yang di wakili oleh Pak Tanjih selaku wakil Kepala Sekolah kepada pihak Diklat Salam yang diwakili oleh ELTAPS.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan shalat Maghrib, makan malam, Shalat Isya dan kegiatan ba’da Isya sampai menjelang tidur malam, pukul 21.00.

Pagi hari tepatnya pukul 03.30 WIB. mereka dibangunkan untuk melaksanakan Qiyamul Lain. Setelah Qiyamul Lail, kegiatan disambung dengan shalat Subuh, pelatihan Tamyiz.

Selesai sarapan pagi dan shalat Dhuha, murid-murid siap-siap untuk kegiatan Outing.

Kegiatan Outing dibagi menjadi beberapa pos, diantaranya yaitu : Balap Kano, estafet mengisi air dengan gelas air mineral, estafet mengisi air dengan busa (spons), lempar balon, estafet isi   paralon, dan game bola kecil.

Pada hari itu para peserta melaksanakan outing dengan senang gembira. Terlihat wajah mereka yang terlepas dari beban yang mereka alami di rumah maupun di sekolah.

Setelah selesai mereka diberikan waktu untuk mandi dan bersiap untuk makan siang dan shalat Zuhur berjamaa’ah.

Setelah selesai shalat Zuhur para peserta salam di berikan waktu sunyi yang artinya mereka boleh beristirahat sampai menjelang Ashar.

Selesai Ashar mereka di suguhkan Film motivasi yang berasal dari Korea. Film tersebut mengisahkan tentang perjuangan seorang Ibu.

Kegiatan selanjutnya sama dengan malam sebelumnya. Shalat maghrib, makan malam, shalat Isya dan kegiatan ba’da Isya yaitu drama tentang anak yang durhaka diiringi dengan muhasabah dari para fasilitator.

Pagi harinya, mereka kembali dibangunkan untuk melaksanakan Qiyamul Lail sampai menjelang Subuh. Setelah subuh mereka bersiap-siap untuk sarapan dan mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu materi Janaiz.

Pada materi ini mereka mempraktekkan penyelenggaran jenazah, mulai dari proses memandikan, mengkafani, menyolatkan, sampai menguburkan.

Mereka mengikuti kegiatan tersebut dengan tertib, karena banyak diantara mereka yang belum pernah melakukan, bahkan melihat praktek penyelenggaraan jenazah seperti itu.

Selesai kegiatan Janaiz, para peserta segera berkemas merapikan barang bawaan karena hari itu adalah hari terakhir mereka mengikuti SALAM. Selesai berkemas mereka dipersilahkan untuk makan siang.

Setelah makan siang dilaksanakan kegiatan penutupan yang disertai penyerahan peserta SALAM oleh pihak Diklat Cigombong yang diwakili oleh ELTAPS yang diterima oleh pihak sekolah yang diwakili oleh Pak Sri Yanto selaku  kepala sekolah.

Selesai acara penutupan selanjutnya mereka melaksanakan sholat Zuhur yang di jamak dengan Ashar dan dilanjutkan dengan musofahah (salam-salaman).

Setelah musofahah rombongan Albin pun meninggalkan Diklat Cigombong dengan sejuta kenangan yang tidak akan terlupakan. [Kohar]

Galery Foto Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *