KEGIATAN WORKSHOP LANJUTAN GURU, TATA USAHA DAN KARYAWAN SDIA 17 BINTARO PULAU SITU GINTUNG

Alhamdulillah pada hari Minggu tanggal 1 Agustus 2015 bertempat di aula lokasi wisata Pulau Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan telah dilaksanakan workshop lanjutan untuk guru, tata usaha dan karyawan SD Islam Al Azhar 17 Bintaro. Kegiatan ini berisikan motivasi dan juga kegiatan out bond selain itu ada juga ceremonial lepas sambut dari karyawan dan guru yang mutasi dari SDIA 17 Bintaro.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB, para peserta berangkat dari rumah masing-masing menuju ke lokasi kegiatan, alhamdulillah lokasi jika ditempuh dari SDIA 17 Bintaro ± 20 menir berkendara naik motor dengan kecepatan stabil 40 Km/jam. Kebetulan lokasi tempat tinggal guru di SDIA 17 Bintaro berada di sekitar area Kreo, Cipadu, Sarua dan Ciputat jadi lokasi tidak begitu jauh jika di jangkau dengan berkendara.

Setelah registrasi para peserta berkumpul di aula yang sudah disiapkan oleh panitia, acara dimulai dengan ikrar bersama yang dipimpin oleh ibu Dra. Rostini, M.Pd, guru kelas 5 Arafah. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Azhar yang diiringi oleh Ibu Marlian Palese guru musik kelas 4-6 dan Ibu Unirowati sebagai dirigen yang juga guru musik kelas 1-3. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Bapak Abdul Kohar guru PAI dan Qur’ an kelas 6 serta saritilawah oleh Ibu Siti Chotimah, S.Pd.SD., wali kelas 2 Arafah. Dilanjutkan oleh kata sambutan oleh Ibu Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro, Ibu Nani Ariyani, M.Pd.

Motivator yang disiapkan oleh panitia adalah Bapak Febrian Fajri, CMNLP, CHT dari Lembaga Mumtaz, beliau juga sebagai dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Begitu banyak motivasi dan pelajaran yang beliau sampaikan kepada para peserta, tentang team work, attiude dan solusi dari berbagai masalah yang kadang dihadapi di lingkungan sekolah. Paparan yang disampaikan mudah dipahami dan dimengerti oleh para peserta. Tetapi sayang waktu yang disediakan oleh panitia sangat terbatas hanya ± 2 jam saja. Sebenarnya kami dari peserta masih ingin banyak menyerap motivasi dan pelajaran dari beliau, apadaya waktu terbatas, dan beliau juga sudah jadwal lagi setelah memberikan materi kepada guru, tata usaha dan karyawan SDIA 17 Bintaro. Mungkin lain kesempatan bisa dihadirkan kembali untuk memberikan motivasi bagi civitas SDIA 17 Bintaro.

Selanjutnya selesai kegiatan motivasi ada acara seremonial untuk lepas sambut guru dan karyawan SDIA 17 Bintaro yang berpindah tugas antara lain yaitu, Bapak Rohyadi mutasi ke unit Sekretariat YPIA, Bapak Drs. Dasta, Bapak Hartoyo, S.Pd., Bapak Abdul Muthalib, S.Pd.I. dan Sri Sugiarti, S.Pd. mutasi ke unit SDIA 15, Ibu Hj. Nining Ratnaningrum mutasi ke unit SDIA 8 Kembangan dan terakhir Bapak Edwin Redwin, S.Pd. mutasi ke unit SDIA 1 Kebayoran Baru. Walaupun berat hati ini melepaskan kalian, tetapi tugas sudah menanti teman-teman di tempat yang baru, diiringi doa dari kami semoga sukses di tempat yang baru dan jangan lupa dengan kami yang di SDIA 17 Bintaro.

Kemudian sebagai pengganti kawan-kawan yang dimutasi adalah Bapak Feri Superi, S.Pd., Aji Junaedi, S.Pd., dan Unirowati, S.Pd. dari unit SDIA 15 Pamulang, Ibu Salma, S.Pd., dari SDIA 4 Kebayoran Lama dan Ibu Anmi Susilowati dari unit SDIA 8 Kembangan. Selamat datang dan bergabung kawan-kawan dengan the best school of Al Azhar SDIA 17 Bintaro yang tercinta ini.

Dilanjutkan kemudian kegiatan out bond yang dipandu dari team Zona Petualang pulau situ gintung. Para guru, tata usaha dan karyawan serta pimpinan dibagi dalam beberapa kelompok/regu untuk berkegiatan bersama mengikuti wahana outbond dari wahana satu ke wahana yang lainnya. Dari Flying Fox, permainan kekompakan memasukan bola tenis meja ke lubang, menyambung paralon agar bola tenis meja, kemudian memasukan air ke paralon, memindahkan bola tenis meja dengan tali dan permainan titian tambang di atas tiang/ pohon.

Dari mulai pukul 09.20 WIB kegiatan out bond baru berakhir menjelang pukul 12.45 WIB, walaupun begitu para peserta tetap semangat, tetapi sebagian lainnya sudah kelelahan dan mulai lapar, karena kegiatan out bond ini cukup banyak menguras energi dan tenaga. Diselingi dengan kelucuan-lucuan yang ditimbulkan oleh para peserta dalam mengikuti kegiatan out bond. Bermain air dan berbasah-basahan, terpleset dan berbagai macam kelucuan lainnya.

Kegiatan motivasi dan out bond ini menambah ukhuwah dan kekerabatan diantara para guru dan tata usaha serta karyawan di unit SDIA 17 Bintaro. Setelah selesai para peserta bertambah gembira lagi karena ada door prize dari sponsor berupa voucher belanja sebanyak 20 lembar. Maka semakin riuh dan ramailah acara penutupan kegiatan tersebut. Terimakasih kami ucapkan untuk Ibu Nani Ariyani, M.Pd, dan Ibu Ina Yurina Rahmawati, S.Ag. selaku pimpinan, Ibu Widji Nastiti, S.Pd. dan Ibu Syifaul Hadhira, S.Pd. selaku coordinator kegiatan ini, harapan dari civitas guru, tata usaha dan karyawan semoga tahun selanjutnya bisa diselenggarakan lagi dengan lokasi yang lebih baik dan motivator yang juga tentunya lebih baik lagi. [m. radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>