Jalan Bonjol No.9, Tangerang Selatan,
021 7388 3564
sdialbin17@yahoo.com

Khatamul Qur’an Kelas 6 Angkatan ke-16

Where Millenials Reach Out The Future

Khatamul Qur’an Kelas 6 Angkatan ke-16

KHATAMUL QUR’AN MURID KELAS VI SD ISLAM AL AZHAR 17 BINTARO

AULA MASJID RAYA AL AZHAR BINTARO

SABTU 24 MARET 2018

(Muhammad Radhi)

Alhamdulillah SD Islam Al Azhar 17 Bintaro telah melaksanakan kegiatan rutin bagi para murid kelas VI yaitu Khatamul Qur’an, pada hari Sabtu yang lalu, tanggal 24 Maret 2018. Hal ini sebagai salah satu persyaratan sebelum melaksanakan Ujian Nasional, dimana para murid diharapkan sudah berhasil mengkhatam membaca Qur’an baik itu di rumah maupun di sekolah.

Mengambil tempat di Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro yang secara lokasi masih berada dalam satu Kampus Al Azhar Bintaro, sehingga pelaksanaan tidak perlu jauh dari lingkungan sekolah sebagaimana pada tahun tahun yang sebelumnya. Sebagai sarana promosi juga kepada orang tua murid bahwa sekarang Al Azhar Bintaro sudah memiliki Aula dan juga Masjid Raya, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan baik pertemuan dan juga untuk pengajian.

Acara Khatamul Qurán ini diikuti oleh sebanyak 147 murid kelas VI yang juga didampingi oleh kedua orangtuanya. Para murid sudah berkumpul di sekolah pada pukul 06.30 WIB, untuk sesi foto bersama dengan kelas dan juga persiapan sebelum acara dimulai.

Acara dibuka tepat pada pukul 07.30 WIB dengan penampilan dari tim ekskul Marawis Al Azhar Bintaro, yang juga akan tampil pada acara Festival Seni dan Budaya Al Azhar pada tanggal 31 Maret 2018 besok di Kampus Al Azhar Cikarang. Anak-anak peserta marawis sebagai pengisi acara sudah nampak hadir mulai pukul 06.00 WIB disekolah untuk dirias dan juga didandani memakai kostum penampilan. Ada 2 (dua) lagu yang dimainkan berikut dengan koreografernya. Penampilan para anak-anak sangat memukau para orang tua yang hadir dan juga para tamu undangan.

Selanjutnya penampilan tari Saman dari murid kelas V SDIA 17 Bintaro yang tampil sebagai pengisi yang ke-dua, gerak tari saman para murid kelas V ini juga berhasil mendapatkan perhatian dari tamu dan orang tua murid yang hadir.

Meningkat ke prosesi acara selanjutnya yaitu, membaca ayat qur’an sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh panitia, yang dibagi menjadi 30 Djuz dan 147 murid, yang didampingi oleh para Bapak dan Ibu guru dan juga oleh orang tuanya masing-masing. Secara bersama dan serentak terdengar lantunan ayat suci memenuhi Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro. Sungguh khidmat dan khusu’nya suasana.

Kemudian setelah selesai prosesi membaca Al Qurán dilanjutkan dengan sujud syukur, bersyukur kepada Allah SWT dimana para murid telah selesai mengkhatamkan bacaan Qur’an sebelum menamatkan sekolah di bangku pendidikan SD Islam Al Azhar 17 Bintaro. Secara bersama dan serentak 147 murid kelas VI menghadapkan keningnya ke tempat sujud, bersujud seraya mengucap syukur kepada Allah SWT.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan, yang dimulai dari Ibu Nani Ariyani, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro, diantaranya beliau menyampaikan agar para murid terus membaca Al Qurán, memahami dan mempelajari isi dan juga kandungan. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Drs. H. Hamdani, MM., Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, beliau sangat mengaprsiasi kegiatan Khatmul Qurán ini, karena berhasil mencetak generasi yang berwawaan Iptek dan juga Imtaq, selanjutnya oleh Bapak Zainal Arifin, S.Pd., selaku Pengawas Pendidikan SD Islam Al Azhar yang mewakili Pengurus YPI Al Azhar dan juga Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Khatamul Qurán ini adalah sebagian awalan untuk terus melanjutkan membaca dan mengkaji Qurán, jadi para murid tidak berhenti sampai disini saja untuk membaca Qurán, tetapi para murid agar terus melanjutkan membaca dan mengamalkan Qurán, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mengamalkan kandungan dan isinya.

Kata sambutan yang terakhir adalah dari Ibu Anis Andjani, S.Pd.I mewakil Ketua Pendidikan agama dan keagamaan Islam (PAKIS) Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan berhenti di kelas VI saja, tetapi agar terus dilanjutkan program hafalan dan tahfidz untuk surat-surat yang lainnya ketika meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Semakin tinggi sekolah, semakin banyak hafalan yang harus dipahami dan kuasai oleh murid. Dan juga agar Bapak/Ibu orangtua murid selalu mendukung anandanya untuk terus membaca Qurán di rumah.

Acara utama adalah penyampaian materi kepada anak-anak peserta kegiatan Khatamul Qurán oleh narasumber Bapak Dr. Zahruddin Sultani, M.Ag. yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Dakwah, Kepala Pendidikan Muballigh Al Azhar dan juga Ketua Korp Muballigh Al Azhar dari Direktorat Dakwah dan Sosial YPI Al Azhar.

Beliau memaparkan materi dengan presentasi dengan slide yang menayangkan gambar dan juga cuplikan video yang memotivasi dan memberikan semangat kepada anak-anak murid kelas VI. Dalam motivasinya beliau juga menyampaikan kepada orangtua agar dapat membantu putra/putrinya menjadi generasi yang siap untuk memimpin bangsa dan ummat dan agar selalu mendidik anak untuk selalu taat beribadah.

Setelah selesai penyampaian materi dari nara sumber dilanjutkan pemberian penghargaan dan sertifikat kepada para murid yang berhasil mengkhatam Qur’an lebih dari 1 (satu) kali dan hafidz (menghafal) Djuz 29 dan 30. Berikut ini terlampir data murid kelas VI.

DAFTAR PENGKHATAM AL QUR’AN TERBANYAK SDIA 17 BINTARO

NONAMA LENGKAPJUMLAH KHATAM JUMLAH SELURUHNYA
RUMAHSEKOLAH
1Alif Marsudia Alfatih11112
2Evan Rahadika Muktiwibowo718
3Bilqis Arifah Amru617
4Kirana Nuraida Syawali516
5a. Keila Az Zahra415
b. Nailah Zulfa Daaniyah Husen415
c. Amira Faeza Bella Gautama415

DAFTAR PENGHAFAL DJUZ 29 & 30 SDIA 17 BINTARO

NONAMAKELASHAFIDZ JUZ
1Alif Marsudia Alfatih6 MINA29 & 30
2Muhammad Akram Basalamah6 ARAFAH29 & 30
3Faruuq Muhammad6 MAKKAH29 & 30
4Muhammad Rafsyah Akbar Ali6 MADINAH29 & 30
5Muhammad Farras Hazim6 MADINAH29 & 30
6Amira Faeza Bella Gautama6 ARAFAH29 & 30
7Najla Chayira Nabila6 ARAFAH29 & 30
8Najwa Akifa Salmin Sungkar6 ARAFAH29 & 30
9Nesya Rahmadina6 MADINAH29 & 30
10Bilqis Arifah Amru6 MEKKAH29 & 30

 

Kemudian acara ditutup dengan pembacaaan doa, dilanjutkan bersalam-salaman dengan para Bapak/Ibu guru dan civitas SDIA 17 Bintaro yang dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Dzuhur berjamaah dan makan siang bersama. Tidak lupa atas nama SDIA 17 Bintaro, kami mengucapkan terimakasih kepada para pihak-pihak yang telah banyak membantu terlaksananya kegiatan ini, kepada seluruh guru, tata usaha dan karyawan, pokja kelas VI, donatur dan juga jam’iyyah SDIA 17 Bintaro.

Untuk melihat galeri foto klik disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Form Powered By : XYZScripts.com