KHATAMUL QUR’AN MURID KELAS VI SDIA 17 BINTARO

Pada hari Sabtu tanggal 9 Mei 2015, berlokasi di Masjid Raya Sektor IX, Jl. Maleo Raya, Sektor IX, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten dilaksanakan kegiatan Khatamul Qur’an untuk murid kelas VI SD Islam Al Azhar 17 Bintaro. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin untuk murid kelas VI menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah. Dimana para murid-murid yang sudah terlebih dahulu mengkhatamkan Al-Qur’an di rumah, melaksanakan membaca Al-Qur’an bersama-sama dari Juz 1 sampai Juz 30.

Prosesi kegiatan di mulai pada pukul 07.30, dibuka dengan penampilan Marawis SDIA 17 Bintaro yang sukses sebagai Juara 1 pada kegiatan Fesbud Maret 2015 yang lalu, setelah selesai penampilan marawis para murid kelas VI berjalan beriringan memasuki Aula di damping oleh masing-masing wali kelasnya, kemudian para guru pendamping Juz bergabung dengan kelompok-kelompok murid dari Juz 1 s.d Juz 30. Kemudian dimulailah kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersamaan sesuai dengan Juz yang telah ditentukan oleh Bapak/Ibu guru Panitia.

Setelah selesai mengkhatamkan Al-Qur’an, jika pada tahun-tahun sebelumnya para murid biasanya mendapatkan tausiyah dari penceramah. Tetapi khusus untuk angkatan ke-13 ini, tausiyah diganti dengan pemberian motivasi dari Kakak M. Najmi Fathoni motivator dari Menara Hati Internasional. Penyampaian materi yang ditujukan memang untuk para anak-anak dalam mempersiapkan diri untuk menjelang Ujian Sekolah dan juga motivasi agar selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi kita dalam menjalani kehidupan keseharian. Kemudian adapula masukan kepada para orang tua tentang fase putra/putrinya yang sudah beranjak remaja, karena akan memasuki dunia sekolah menengah setelah lulus dari SD ini. Bagaimana para orang tua dan juga murid untuk mempersiapkan segala sesuatu menjelang fase tersebut.

Kemudian berturut-turut disampaikan kata sambutan, dimulai dari sambutan Kepala Sekolah SDIA 17 Bintaro dalam hal ini adalah Ibu Nani Ariyani, M.Pd., beliau menyampaikan agar para murid untuk selalu terus mengkhatam Qur’an, kemudian sambutan dari Bapak H. Data, S.Pd., selaku perwakilan dari Pengurus YPIA dan Direktorat Dikdasmen YPIA. Kemudian acara yang mengharukan adalah para murid kemudian diminta untuk mohon maaf kepada orang tuanya, baik itu sungkem ataupun meminta maaf secara berpelukan, yang intinya para murid memohon maaf atas segala yang pernah dibuatnya, sikap dan perilakunya dan mohon doa restu dari orang tua agar memudahkan mereka untuk menempuh Ujian Sekolah yang akan dilaksanakan mulai Senin tanggal 18-22 Mei 2015 mendatang.

Kegiatan Khatamul Qur’an ini selesai menjelang pukul 12.00, para murid dan orang tua murid, saling bersalam-salaman dengan para guru, tata usaha dan karyawan SDIA 17 Bintaro. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Terimakasih atas partisipasi semua panitia, kelompok kerja(Pokja) kelas VI dan juga dari Jam’iyyah SDIA 17 Bintaro. [m. radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>