PENGAJIAN DAN SEMINAR ISLAMI FORUM KOMUNIKASI JAM’IYYAH KAMPUS AL AZHAR BINTARO

BINTARO, 06/05/2015, Alhamdulillah pada hari Rabu tanggal 6 Mei 2015 yang lalu telah dilaksanakan pengajian dan seminar Islami yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Jam’iyyah TKIA, SDIA 17 dan SMPIA 3 Bintaro. Pelaksanaan kegiatan ini adalah rutin disetiap 3 (tiga) bulan sekali, dimana sebagai untuk wadah silaturahmi para ibu-ibu orang tua murid, juga sekaligus untuk mendapatkan ilmu dengan mengaji dan mendengarkan tausiyah dari para ustad dan ustadzah yang undang oleh Sie.Dakwah Jam’iyyah SDIA 17 Bintaro.

Untuk kegiatan kali ini Sie.Dakwah Jam’iyyah SDIA 17 Bintaro yang diketuai oleh Ibu Hj. Dian Khotidjah Ambarsari sudah melaksanakan persiapan kegiatan ini dengan beraudiensi dengan para nara sumber sejak lebih kurang 3 (tiga) bulan yang lalu. Alhamdulillah berkat usaha gigih beliau dan jajaran Sie. Dakwah Forkom Jam’iyyah berhasilkan mendatangkan nara sumber yang berkualitas untuk mengisi materi di kegiatan pengajian di Kampus Al Azhar Bintaro.

Termasuk pada kegiatan kali ini beliau berhasil mendatangkan Ustad H. Bachtiar Nasir, Lc., Da’i muda yang juga rutin mengisi pengajian dan khotbah Jum’at di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru sebagai pemberi tausiyah, kemudian Ibu Nadia Lutfi Masduki, S.Psi., M.Si. (LPPOM MUI) sebagai narasumber tentang makanan halal, dan kemudian sebagai moderator adalah Eksanti, mantan model dan artis yang kini aktif bergiat di bidang Dakwah dan kegiatan keagamaan. Adapun tema yang diusung kali ini adalah Membekali Masa Depan Anak dengan Pola Halal & Thoyyib.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan dan lantunan ayat suci dari perwakilan jam’iyyah SMPIA 3 dan saritilawah oleh perwakilan jam’iyyah dari SDIA 17 Bintaro, yang dilanjutkan dengan bershalawat dan membaca asmaul husna bersama-sama dengan seluruh jamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari Ketua Jam’iyyah SDIA 17 Bintaro dalam hal ini adalah Ibu Hj. Wiwin Rela Bhinokasih yang mewakili Forkom Jam’iyyah Kampus Al Azhar Bintaro. Disusul sambutan oleh Ibu Hj. Lista Fitri, S.Pd.I, Kepala TKIA 17 Bintaro mewakili Kepala Kampus Al Azhar Bintaro.

Sehubungan dengan pencanangan pembangunan Masjid Raya Bintaro, ada perwakilan dari Panitia Pembangunan Masjid Raya Bintaro yaitu Bapak H. Daram, M.Pd., yang ditemani oleh Bapak Mukhtarom, S.Pd., MM., selaku Kepala SMPIA 3 Bintaro dan sekaligus Ketua Panitia Lokal Pembangunan Masjid Raya Bintaro. Bapak H. Daram, M.Pd., diberikan kesempatan melakukan presentasi sebelum acara inti di mulai, beliau mengajak para orang tua murid dan juga jamaah untuk turut berperan serta dalam kegiatan pembangunan masjid, baik dengan melakukan lelang untuk tiang pancang, memberikan donasi ataupun dengan berbagai cara lainnya guna pelaksanaan pembangunan masjid.

Setelah sesi presentasi dari Panitia Pembangunan Masjid Raya Bintaro selesai, baru kemudian ada penyampaian Tausiyah dari Ustad Bachtiar Nasir, yang mengajak dan mengingatkan para orang tua untuk selalu memberikan makanan yang halal dan juga menyehatkan bagi para putra/putrinya, karena pembentukan gizi anak adalah dari apa yang dikonsumsinya, untuk itu semua harus halal, dari mulai niatnya, caranya, penyajiannya sampai dengan dikonsumsi oleh anak. Selain itu beliau juga menyatakan bahwa Islam itu tidak hanya sebatas haram-halal makanan, tetapi perilaku juga, bagaimana para orang tua harus memberikan tauladan dan contoh yang baik kepada anak-ananknya baik dalam bersikap, bertutur kata dan juga berinterkasi dengan lingkungannya.

Setelah sesi ustad Bachtiar Nasir kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari LPPOM dengan nara sumber Ibu Nadia Lutfi Masduki, S.Psi., M.Si., beliau juga menyampaikan Ayat Al Baqarah 168, 172 dan 173. Bahwa dasar halal haram terhadap makanan adalah bersumber dari Al Qur’an, hal itu yang kemudian menjadi kajian oleh LPPOM dalam menetapkan dan memberikan label terhadap makanan dan minuman. Jadi selain proses pengolahan yang halal, kandungan dari makanan tersebut juga harus baik dan menyehatkan.

Acara berlangsung sampai menjelang pukul 12.00 WIB, Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Terimakasih atas kerjasama dari seluruh pihak yang telah membuat acara ini, mulai dari bapak/ibu guru kemudian orang tua murid, dan juga Jam’iyyah TKIA 17, Jam’iyyah SDIA 17 dan Jam’iyyah SMPIA 3 Bintaro yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jam’iyyah Kampus Al Azhar Bintaro. Insya Allah pada kesempatan yang mendatang akan jauh lebih baik lagi acara dan kegiatan ini. Aamin. [m. radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>