Puncak Tema Kelas 1 (Assembly Kelas 1) – “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”

Alhamdulillah pada hari Rabu tanggal 23 Februari 2016 telah dilaksanakan Assembly kelas 1 SDIA 17 Bintaro. Adapun kegiatan ini adalah sebagai puncak tema, dimana seluruh murid tampil dalam pagelaran berbentuk teatrikal yang terangkai dari pentas drama, sendra tari, gerak dan lagu, serta puisi. Adapun tema yang diusung adalah “Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.

Persiapan kegiatan ini berlangsung selama hampir ± 3 (tiga) minggu sampai sehari pada sebelum hari pelaksanaan. Latihan para murid dilaksanakan disela waktu kegiatan belajar, karena agak rumit juga menyatukan gerak anak-anak di kelas 1. Tetapi Alhamdulillah berkat ketekunan dan kesabaran para ibu guru wali kelas dalam mengarahkan serta memotivasi anak, akhirnya penampilan para anak-anak murid kelas 1, sangat mempesona para hadirin dan tamu undangan.

Kegiatan Assembly ini berlangsung mulai pukul 07.30 WIB, yang dibuka oleh wakil kepala sekolah SDIA 17 Bintaro, yaitu Ibu Ina Yurina Rahmawati, S.Ag. BBeliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagaimana pentingnya kita perlu menjaga lingkungan disekitar kita agar selalu bersih, sehat dan asri. Mulai dari kebersihan diri, lingkungan rumah, serta lingkungan sekolah. Kemudian pemerintah melalui kementerian perdagangan mencanangkan untuk pengurangan pemakaian kantong plastik di toko-toko, hal ini adalah salah satu cara dalam melindungi lingkungan dari sampah plastik.

Setelah sambutan dari ibu Ina Yurina, S.ag., acara ini kemudian langsung disusul dengan pertunjukan teatrikal, tentang lingkungan bersih, kemudian persahabatan dengan teman baru dari luar pulau Jawa. Anak-anak murid kelas 1 dengan semangat memainkan perannya dalam pertunjukan teatrikal tersebut. Penampilan baca puisi secara berkelompok, kemudian menari dan juga gerak dan lagu.

Para orang tua murid yang hadir juga sangat antusias mengikuti penampilan dari putra-putrinya. Beberapa diantaranya bahkan sudah hadir semenjak mengantar anaknya dari pagi hari, walaupun dalam undangan acara akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Diantara penonton terdapat juga kakek dan nenek yang hadir menyaksikan pertunjukan, hal ini disebabkan karena sebagian orang tua murid pada hari tersebut juga harus bekerja, sehingga diwakilkan kepada kakek dan neneknya.

Untuk menambah semarak acara, para orang tua yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Kelas 1 dan juga perwakilan Jam’iyyah membuka stand bazaar aneka makanan, baik tradisional maupun internasional. Ada Pizza betawi atau yang lebih dikenal sebagai kerak telor dan ada juga Pizza Italia. Semua bergabung dalam tenda bazaar yang dikelola oleh orang tua murid. [m. radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>