IMG_2553 (Copy)

SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro kembali menorehkan prestasi dalam kompetisi Robotic tahunan yang diselenggarakan oleh IT Leisure & Education (ITLE) bekerjasama dengan Energizer yang bernama Energizer Indo Robo Masters Cup 2014. Tahun ini merupakan tahun ke-6 penyelenggaraan kompetisi Robotic Energizer “Indo Robo Masters Cup” sejak pertama kali digelar tahun 2009 lalu.

Penyelenggaraan lomba di Jakarta yang berlangsung mulai dari hari Sabtu tanggal 8 dan berakhir pada hari Minggu tanggal 9 November 2014ini adalah setelah dari 2 (dua) kota besar yaitu, Surabaya (Grand City 18 oktober 2014), Semarang (Java Supermall 2 November 2014.

Masih seperti tahun sebelumnya penyelenggaraan kegiatan ini bekerjasama dan didukung penuh oleh pabrikan batu baterai Energizer, yang kebetulan Comercial Head Energizer Indonesia, adalah Bapak Muhammad Imaduddin, yang juga merupakan alumni dari SMA Islam Al-Azhar 1 angkatan tahun 1994. Untuk tempat penyelenggaraan pada kegiatan kali ini dipindah dari Senayan Trade Centre ke Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Auditorium Lantai 3, yang berlokasi di jalan Moh. Husni Thamrin, Jakarta Pusat.

Setiap tahunnya kompetisi ini mengusung tema-tema yang unik, berbeda dan menantang para peserta untuk dapat merakit robot sesuai tema. Kali ini tema yang diusung adalah “Save The Earth”, di mana para peserta ditantang untuk dapat merakit sebuah robot yang dapat membantu program Go Green dan penyelamatan bumi baik dari polusi air, udara dan tentu saja sampah.

Peserta kompetisi ini berasal dari berbagai sekolah dari mulai tingkat Sekolah Dasar s.d Sekolah Menengah Atas, dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya bahkan ada peserta dari Malaysia, kurang lebih ada 986 peserta dari 89 sekolah. Bisa dikatakan bahwa Kompetisi ini adalah kompetisi tingkat Internasional karena melibatkan Negara Asean.

Dalam kompetisi ini adalah untuk ke-tigakalinya Tim Robotic SDIA 17 Bintaro mengikuti kegiatan perlombaan robotic yang diselenggarakan oleh ILTE dan Energizer. Tim yang diturunkan pada kompetisi kali adalah sebanyak 50 anak peserta ekskul robotic SDIA 17 Bintaro dari kelas 1 s.d. kelas 6. Antusias para peserta sudah terlihat dari banyaknya orang tua murid yang hadir dan mengantarkan anaknya ke lokasi lomba di BPPT. Anak-anak begitu gembiranya bisa ikut dalam kompetisi ini sehingga orang tuanya diajak turut serta menyaksikan mereka berlomba. Khusus untuk pertandingan pada hari Minggu, tanggal 9 November 2014, jalur Moh. Husni Thamrin diberlakukan Car Free Day, tapi panitia sudah mengantisipasi hal tersebut dengan membagikan peta menuju lokasi. Dari Al-Azhar Bintaro rombongan berangkat dengan berkonvoi, karena kurang paham lokasi kalau berangkat melewati jalur belakang Jalan Thamrin.

Dalam perlomabaan tahun ini, Energizer Indo Robo Master Cup 2014 kembuka 11 kategori lomba. Satu diantara 11 kategori tersebut baru diadakan tahun ini dan diperuntukan untuk umum. Dengan kriteria penilaian Robot Design, Creativity, Reserach, serta kemampuan robot dan presentasi selain yang sudah rutin dari tahun ke tahun yaitu Robowars, Soccer Robo, Adventure Race Robo, Sumo Robo dan Techno Master/Inventor Robo dan yang diikuti oleh SDIA 17 Bintaro sebanyak 3 yaitu Robowars Beginners untuk murid kelas 1 dan 2, Robowars Junior untuk kelas 3 – 6, dan Robo Soccer Junior untuk kelas 3 – 6.

Pendamping Ekskul Robotic SDIA 17 Bintaro Bapak Drs.Dasta dan Ibu Neni Andriani, S.Pd.I, di tambah dengan official pendukung dari Tata Usaha dan Karyawan turut mendampingi dari awal kegiatan mulai Sabtu pagi tanggal 8 November 2014 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB, kemudian penentuan yang lolos untuk babak selanjutnya baru disampaikan pada pukul 17.00 setelah direkap oleh Panitia. Alhamdulillah dari 12 Tim yang mengikuti lomba pada hari Sabtu, lolos sebanyak 8 Tim yang akan masuk pada sistem gugur pada hari Minggu tanggal 9 November 2014. Pada hari Minggu peserta bertambah karena perlombaan untuk kategori Beginners dilaksanakan pada hari Minggunya. Alhamdulillah dari Tim Robotic berhasil memenangkan Juara 1 untuk kategori Robowars Beginners dari Tim Atom Red Stone yaitu Prana Azizan Suhadak dari kelas Makah 2 dan M. Hazwad Alkautsar dari kelas 2 Madinah, kemudian Juara 3 untuk kategori Robowars Junior dari Tim BioViper yaitu M. Fathan Syafiqi dan Gilang Jofan Fadillah Noor dari kelas 6 Mina. Kemudian untuk kategori sekolah yaitu The Most Supportive School berhasil diraih oleh SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro, menyisihkan SDK 6 Kelapa Gading dan SDK Sunrise Garden. Jadi perolehan juara untuk penyelenggaraan Energizer IMRC 2014 tahun ini mengalami peningkatan, tim SDIA 17 Bintaro berhasil memperoleh dan memenangkan 3 kategori juara. Terimakasih kepada orang tua murid dan Jam’iyyah SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro yang telah turut berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini, baik dari segi moril maupun materiil dan juga do’a kepada para putranya yang berlomba.

Selamat kepada para pemenang, semoga kita pada event selanjutnya bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi. Amin.

Berikut adalah Tim Peserta Lomba IMRC Enerziger 2014 dari SDIA 17 Bintaro

No  No NAMA PASANGAN KELAS TEAM KATAGORI
1 1 Keandra Malik Al-Matin Momongan 1 Madinah Eagle Robo Robo Wars Beginner
2 Khalif Yusuf Alvaro 1Madinah
3 2 Muhammad Attar Hamizan S 1 Mina Double Robo Robo Wars Beginner
4 Zuchdy N (Ody) 1 Mina
5 3 Nararya Al Maaly Rauf 1 Arafah Robo Boy Robo Wars Beginner
6 Marqueezava Rafaelo Alfathian Gaffar 1 Madinah
7 4 Muammar El Hazza Kalevi 1 Makkah Strong Robo Robo Wars Beginer
8 Muhammad Nabil Rabbani 1 Makkah
9 5 Fayyez Rabanee Salahaddin R 1 Makkah Trendy Robo Robo Wars Beginer
10 Lesharo Ghani Mawardi 1 Makkah
11 6 Ibrahim Rabbani Sugiri .1 Madinah Modern Robo Robo Wars Beginner
12 Farras Raka Ganendra 1 Makkah
13 1 Prana Azizan Suhadak 2 Makkah Atom Redstone Robo Wars Beginner
14 M. Hazwad Alkautsar 2 Madinah
15 2 Hamad Zaid 2 Makkah Mega Robo Robo Wars Beginner
16 Hawra Intan Affandi 2 Arafah
17 3 Michail Xavier Yanri 2 Mina Nadhif & Mikha Robo Wars Beginner
18 Muhammad Nadhif Arsyafianto 2 Mina
19 4 Mahacara Sami Habsara 2 Arafah Ninjago Robo Wars Beginner
20 Muhammad Danish 2Arafah
21 5 Fasya Yudistira 2 Arafah Super Robo Robo Wars Beginner
22 Kevin Arasya Hendrawan 2 Arafah
23 6 Ilham Antariksa Widodo 2 Makkah Robo Smash Robo Wars Beginner
24 M. Arggasha Dzura 2 Madinah
25 1 Muhammad Ilham Bonanza 3 Mina Spike Robo Wars Junior
26 M. Reviyata Satria Putra Prawira 3 Mina
27 2 Dimas Putro Adi Wibowo 3 Arafah Spartan Robo Wars Junior
28 Hydra Trinando Nidityo 3 Makkah
29 3 Khayru Nizam Pria Nugroho 3 Arafah Transformer Robo Wars Junior
30 Danish Jibran Malik 3 Makkah
31 4 Athar Abyan 3 Mina Star Lord Robo Wars Junior
32 Mohammad Satria Mada Ilyas 3 madinah
33 1 Keiran Jedra Azkinara IV Makkah The Lucky Phantom Robo Wars Junior
34 Hasbi Cholid IV Mina
35 2 Muhammad Fadhlan Arradhi IV Makkah Mighty Chicken Robo Wars Junior
36 Muhammad Rizky Arsadeka IV Mina
37 3 Ahnaf Ilman Maulana IV Madinah Destruction Robo Robo Wars Junior
38 Biandy Suryaputra Dewanto IV Mina
39 4 Neala Ommar Muhammad IV Mina Toilet Janitor Soccer Master Junior
40 Muhammad Kaidra Kareef S.D IV Mina
41 Dafi Kinan Fadilah IV Mina
42 5 Abdul Hakeem IV Mina Blaze Lizer Soccer Master Junior
43 Radithya Farrel Fauzan IV Arafah
44 Malik Nirwan Alvandra IV Mina
45 6 Muhammad Sheva Azati IV Madinah Chicken generator Soccer Master Junior
46 M. Raditya Bhara K. IV Mina
47 Arghastyan Arique 3 madinah
48 1 Farrel Ahmed Radhi VI Madinah Alpha Omega Robo Wars Junior
49 Thariq Rasyid VI Mina
50 2 Gilang Jofan Fadillah Noor VI Mina Bioviper Robo Wars Junior
51 Muhammad Fathan Syafiqi VI Mina

[m.radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *