SALAM (Pesantren Alam) Cigombong adalah kegiatan yang bertujuan melatih kemandirian murid dengan memberikan pelatihan penggalian potensi diri murid, dan menanamkan pembiasaan hidup islami. Pelatihan ini merupakan sebuah langkah awal untuk membangun akhlak mulia yang sesuai dengan ajaran agama islam. Kegiatan salam ini dilakukan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan YPI Al Azhar (Diklat Pesantren Alam) Cigombong Jawa Barat pada tanggal 8-10 Januari 2018.


Kegiatan SALAM diikuti oleh 149 murid kelas 5 SD Islam Al Azhar 17 Bintaro dan didampingi oleh 11 guru/karyawan. Alhamdulillah kegiatan SALAM Al Azhar berjalan lancar. Murid berkumpul di sekolah pukul 06.00 pagi untuk mendapatkan penjelasan terlebih dahulu dari Ibu Retno selaku Wakil Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 17 Bintaro dan Bapak Faqih selaku koordinator kegiatan SALAM SD Islam Al Azhar 17 Bintaro.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 setengah jam, kami telah tiba di Pesantren Alam Cigombong, Jawa Barat. Murid laki-laki mengganti pakaian mereka dengan pakaian ihram, sedangakan untuk murid perempuan memulai persiapan untuk manasik. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok akhwat, 5 kelompok ikhwan dan didampingi oleh kakak fasilitator.

Acara dilanjutkan dengan praktek “MANASIK UMROH”. Walau matahari terik, mereka tetap  semangat mengikuti kegiatan tersebut. Setelah manasik, para peserta diarahkan menuju aula untuk makan siang dan mengikuti acara pembukaan serta penyerahan peserta SALAM dari pihak Sekolah kepada pihak pengelola Diklat. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan mentoring yang diawali dengan perkenalan para trainer yang bertugas mendampingi peserta. Ba’ da maghrib para peserta makan malam, setelah makan malam mereka shalat isya berjama’ ah lalu dilanjutkan dengan kegiatan mentoring sampai pukul 21.30 WIB. Setelah mentoring para peserta diarahkan untuk istirahat di asrama yang telah ditentukan.

Kegiatan hari kedua diawali dengan qiyamul lail berjama’ ah pada pukul 03.00 dini hari dan disambung dengan shalat subuh berjama’ ah serta kuliah subuh. Setelah itu para peserta bersiap melakukan kegiatan outbond hingga siang hari, lalu peserta kembali ke aula masing-masing untuk mandi dan dilanjutkan dengan shalat zuhur berjama’ ah. Kemudian para peserta makan siang, dan mentoring disambung dengan sholat berjama’ ah. Acara selanjutnya para peserta mengikuti kegiatan materi Janaiz. Pada materi ini para peserta mempraktikan cara memandikan, mengafani, dan menyolati jenazah. Acara hari kedua ditutup dengan muhasabah yang menampilkan drama “Al Qomah” berlanjut sampai pukul 21.45 WIB.

Kegiatan hari ketiga diawali dengan shalat tahajud dan disambung dengan shalat subuh secara berjamaah. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan senam gembira dan sarapan. Selesai sarapan para peserta diarahkan berkumpul di lapangan hijau untuk melakukan kegiatan hiking menelusuri sungai dan persawahan yang sugguh indah, subhanallah. Letih dan lelahnya mereka ditutupi dengan indahnya kekayaan alam yang Allah berikan. Setelah hiking, para peserta kembali ke asrama masing-masing untuk membersihkan diri dan merapihkan pakaianan masing-masing.

Acara selanjutnya para peserta diminta untuk berkumpul kembali di aula untuk acara penutupan, simbolis baksos sekaligus penyerahan kembali peserta SALAM dari pihak Al Azhar Training Center. Selesai penutupan, kegiatan dilanjutkan dengan shalat zuhur berjama’ ah yang telah di jama’ dengan shalat ashar. Setelah shalat mereka makan dan pulang meninggalkan area diklat menuju sekolah.

Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar, dan peserta yang hadir juga dinobatkan sebagai peserta yang sehat karena tidak ada 1 pun peserta yang sakit selama acara berlangsung. Alhamdulillah tidak hentinya kami mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Banyak sekali nikmat yang Allah berikan selama mengikuti kegiatan SALAM ini.

Galleri seputar SALAM Kelas V klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *