KIPRAH TIM AL AZHAR BINTARO (ALBIN) PADA TURNAMEN FUTSAL INVITATION AL AZHAR 2016

Menyambut semarak kegiatan Gebyar Milad YPI Al Azhar ke – 64, banyak kegiatan yang dilaksanakan, baik itu yang bersifat syiar agama, pameran pendidikan, lomba olahraga antar kampus dan beberapa kegiatan lainnya yang mengharumkan nama besar YPI Al Azhar.

Untuk kegiatan olahraga Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik dari tahun ke tahun, selalu ada turnamen olahraga, baik yang bersifat unit maupun per-kampus. Semenjak 2 (dua) tahun yang lalu ada salah satu cabang olahraga baru yang dilombakan dan memiliki cukup banyak peminatnya yaitu Turnamen Futsal, yang dimotori oleh teman-teman unit Sekretariat Masjid Agung Al Azhar.

Pada turnamen pertama tahun 2015 yang lalu pencapaian dari Tim Al Azhar Bintaro (Albin) bisa lolos sampai ke semifinal. Peserta turnamen terdiri dari 16 Tim yang berlaga untuk berhasil melewati babak penyisihan. Albin kala itu masuk dalam Grup B, dan berhasil lolos bersama dengan Tim Mata Intan, sebagai Runner up Grup B. Setelah melewati perempat final mengalahkan Tim MAA, kemudian kalah dengan dengan Tim Satpam di semifinal. Tetapi hal itu sebagai satu langkah awal yang baik bagi Tim Albin, sudah bisa sampai pada semifinal.

Pada tahun 2016 kembali Tim Albin turut berpartisipasi mengikuti turnamen futsal ini bersama dengan 27 Tim lainnya. Turnamen kali ini dengan jumlah peserta yang semakin banyak, menambah semarak kegiatan Milad YPI Al Azhar ke – 64. Di media sosial resmi, Grup Facebook Futsal Invitation Al Azhar, begitu ramai dengan komentar dan celoteh yang bersifat psy war, yang diposting oleh para perwakilan dari beberapa tim unggulan. Komentar penuh candaan dan ledekan sering ditujukan kepada beberapa perwakilan yang sudah lebih awal tersingkir dari turnamen ini, kadang membuat kita yang membacanya jadi terpingkal-pingkal karena ternyata rasa kebersamaan Al Azhar sangat tinggi yang ditunjukan dari postingan para anggota grup tersebut. Karena siapapun yang akan keluar sebagai pemenang pastilah itu                     Al Azhar juga yang menang.

Alhamdulillah Tim Albin kali ini berhasil lolos masuk ke Grand Final bertemu dengan Tim YISC Al Azhar. Kiprah Tim Albin dimulai dari babak penyisihan dengan mengalahkan Tim SMAIA 1 Kebayoran Baru dengan skor 3 : 6 untuk kemenangan Al Azhar Bintaro pada hari Minggu tanggal 6 Maret 2016. Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 12 Maret 2016 kembali Tim Albin lolos perdelapan final mengalahkan Tim MAA dengan skor 2 : 4. Laju permainan Tim Albin semakin meningkat pada perempat final hari Sabtu tanggal 19 Maret 2016 berhasil mengalahkan Tim Al Azhar Cibinong dengan skor 2(1) : 2(2), yang harus melalui adu tendangan penalty. Kemudian pada semifinal yang dilangsungkan pada hari Minggu tanggal 27 Maret 2016, kembali Tim Albin berhasil lolos dengan mengalahkan Tim Prisma dengan skor 1(2) : 1(1) yang juga dimenangi dengan adu tendangan penalty.

Pertandingan Grand Final pada hari Ahad pagi, tanggal 3 April 2016 pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan setelah kegiatan Subuh Berjama’ah, penyampaian tausiyah dan sambutan dari Pembina dan Pengurus YPI Al Azhar. Pada hari yang sama di Aula SMP/SMAIA juga adakan pameran dan seminar edukasi yang dilaksanakan oleh Direktorat Dikdasmen yang pesertanya adalah para pimpinan sekolah. Acara final sempat tertunda beberapa menit karena menunggu Ketua Pelaksana Milad YPIA ke-64, Bapak Damarahmad Setiobudi, S.Pd. dan Bapak H. Zainul Arifin, yang turut menjadi panitia dalam kegiatan seminar edukasi tersebut.

Jalannya pertandingan cukup membuat para supporter dari Tim Albin terhibur, karena supporter Albin sudah berada di Masjid Agung Al Azhar semenjak pukul 04.00 WIB, membuat mata yang terkantuk-kantuk terkena angin pagi yang berhembus semilir di pinggir lapangan Masjid Agung Al Azhar menjadi kembali terbuka lagi. Apalagi pada babak yang pertama Tim Albin harus tertinggal dulu 1 (satu) gol. Lengkap dengan spanduk, serta tambur yang ditabuh oleh para pendukung dan supporter Albin kembali memberikan dukungan dan yel-yel dari pinggir lapangan. Nampak hadir menyaksikan pertandingan Kepala SarPras Kampus Albin, para guru SMPIA 3 Bintaro, Guru, TU dan para karyawan SDIA 17 Bintaro.

Pada babak kedua Tim Albin kembali mengembalikan keadaan dengan menyamakan skor, kemudian unggul sebentar, lalu disamakan kembali oleh YISC, kemudian sempat memimpin dengan skor 3:2, tetapi tidak bertahan lama, kembali skor menjadi seimbang 3:3. Hingga pluit akhir dibunyikan skor masih seimbang, yang jalan pertandingan harus kembali melalui adu penalty. Padahal doa dan harapan Tim Albin beserta para suppoternya agar pertandingan tidak kembali berakhir dengan adu penalty.

Kapten Tim Albin menyiapkan para algojo yang akan mengambil tendangan penalty. Sayang akhir dari adu penalty pun masih dalam skor yang sama yaitu 3(2) : 3(2). Kemudian wasit kembali memanggil kapten tim untuk melakukan penentuan dengan mengundi koin, untuk memberikan kesempatan tim memilih lebih awal akankah sebagai pengambil tendangan atau sebagai kiper. Pengundian itu dimenangkan oleh Tim Albin yang memilih untuk melakukan tendangan penalty. Namun manusia berencana Allah SWT yang berkendak, algojo Tim Albin gagal mengeksekusi tendangan penentuan tersebut, bola yang ditendang meleset, melebar ke kanan gawang. Sontak terdengar teriakan gemuruh riang gembira dari Tim YISC dan suppoternya, bahwa merekalah yang keluar sebagai Juara untuk Turnamen Futsal Invitation          Al Azhar 2016 ini.

Alhamdulillah Tim Albin sudah memberikan yang terbaik pada turnamen ini, semoga pada turnamen mendatang pencapaian Tim Albin akan jauh lebih baik lagi. Terimakasih pada para pihak yang telah mensuport kegiatan ini, Panitia Milad YPI Al Azhar, rekan-rekan Masjid Agung Al Azhar, Pimpinan Sekolah Al Azhar Bintaro, Jam’iyyah SDIA 17 Bintaro dan para orang tua murid SDIA 17 Bintaro (EMERGE, Toko Tri Wijaya, Ibu Hj. Diana Ari). [m.radhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>